Sejarah Singkat Asal-Usul Rumpun Melayu

Masih segar dalam ingatan kita, Piala AFF dengan segala cerita-cerita dibaliknya, yang berujung dengan demo masyarakat pecinta bola menuntut Nurdin Halid mundur . Ada satu hal yang masih membekas dalam ingatan saya sampai saat ini adalah perseteruan Indonesia dengan Malaysia, masih inget khan ? Psychowar di dunia maya yang rameee banget penuh dengan umpatan dan caci maki, tapi seperti kita tahu memanasnya hubungan Indonesia-Malaysia Blok Ambalat, Batik, Angklung klaim ini klaim itu, dsbp (dan semua yang bikin panas).

Tapi tunggu dulu saya tidak akan membahas hal itu dalam postingan ini, ya..ya.. sesuai judul saya akan menulis tentang Asal-usul rumpun Melayu secara singkat. Lalu apa hubungannya sama perseteruan Indonesia-Malaysia ? Ada…. Indonesia-Malaysia khan satu rumpun berarti masih satu keturunan berarti lagi masih saudara dekat kok nggak akur. Itu lho maksudnya.walau sebenarnya banyak versi yang beredar tentang asal-usul Melayu, ini salah satu versi yang saya sari-kan dari buku berjudul Intan Istana Khalifah karangan Ibnu Yusof yang terbit tahun 1987.

Melayu adalah rumpun bangsa yang besar yang telah lama mendiami bumi ini, bangsa Melayu berasal dari Bani Jawi (Arab), yang merupakan keturunan Nabi Ibrahim a.s dari istrinya yang bernama Qanturah/Qatura/keturah. Bani Jawi ini telah berhijrah/berpindah dari tanah Kanaan ke Timur melalui jalan darat dan laut.Hijrah yang melalui jalan laut di ketuai oleh Raja Mus dan mendarat di Palembang.

Sedangkan jalan darat perpindahan melalui Tibet. bahkan menurut buku ini juga Bangsa Melayu pernah menduduki Tibet dan telah menamakan gunung yang tertinggi di dunia dengan nama Himalaya yang dalam bahasa sansakerta berarti Gunung Melayu.Tanah Melayu dulu oleh orang Arab disebut Tanah Jawi, keturunan rumpun Melayu tersebar luas di dunia ini dan di bagi lagi kedalam beberapa suku dan Ras. Kerajaan Melayu yang paling terkenal dalam sejarah dunia sebelum kedatangan Islam adalah kerajaan Sriwijaya yang mencapai masa keemasan apada abad ke-tujuh da ke-delapan Masehi dan runtuh pada tahun 1377 Masehi. Di masa itu Agama Budha berkembang ke arah timur kerajaan tersebut. Budi Dharma seorang Melayu, telah mengembara ke Cina dan Jepang serta telah mengajarkan berbagai ilmu diantaranya adalah ilmu bela diri. Beliau telah membuka kuil Shorinji di Jepang (ada yang berpendapat bahwa Sorinji berasal dari nama Serinding yaitu nama salah satu silat Melayu yang terkenal di Sriwijaya/Palembang). Sedangkan Di Cina beliau membuka kuil Shaolin, Shaolin sendiri berasal dari perkataan Melayu yang berarti Silat. Namun ternyata setelah saya googling sana-sini ternyata banyak Sekali lagi banyak versi mengenai hal-hal yang berkaitan dalam artikel ini, baik itu siapa budhi dharma, arti kuil Shorinji, bahkan asal-usul Melayu itu sendiri.

Ya bagaimanapun sejarah adalah sejarah, kita ikuti saja. Seperti Sejarah Valentine Day yang terdapat berbagai versi namun masih banyak orang yang merayakan.

Iklan
Dikirimkan di Umum

3 tanggapan untuk “Sejarah Singkat Asal-Usul Rumpun Melayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s