Pengalaman Menjual Properti Tanah dan Rumah

Memang tidak sia-sia ane memasang iklan beberapa  website yang tersebar banyak di internet, banyak sekali ternyata yang peminat dari luar kota, apa sih yang ane pasang? Salah satu yang sering menghubungi  ane adalah iklan Properti Tanah dan rumah. Entah berapa kali ane dihubungi via telepon menanyakan status tanah dan rumah yang ane jual,  awalnya hanya membantu tetangga yang berminat jual rumah tapi ternyata karena banyak yang berminat akhirnya keterusan.

Pertama kali yang ditawarkan adalah tanah, waktu itu  iseng saja sebenarnya publish sebuah posting di blog tentang tanah tersebut dengan diiming-imingi beberapa persen dari hasil penjualan yang kalo diitung-itung jumlahnya cukup besar, pertamakali  posting memang kurang mendapat respon mungkin karena google belum mengendus posing ane tersebut, baru beberapa bulan kemudian handphone mulai krang kring menanyakan secara detail tanah yang ditawarkan tersebut, namun sayang seribu kali sayang,  setelah mendapat banyak respon dari calon pembeli tanah yang cukup luas ini sudah keburu terjual hihihihi, cari alternative akhirnya ane tawarin tempat lain yang tidak jauh lokasinya dari tempat  tersebut.

Akhirnya meski  minim pengalaman menjadi calo tanah mulai ane berburu informasi tanah-tanah yang akan dijual di sekitar tempat ane tinggal, dan muali mengenal para calo-calo tanah yang ternyata buayak sekali, hadeuuuh, malah kadang suka senyum sendiri, dari beberapa orang calo tanah yang ane temui ternyata tanah yang ditawarin itu-itu juga pas ditanya pemilik gak dikasih tau malah. Wadaw … yang bikin gondok setelah mendapat tanah yang sesuai, si calon pembeli  malah gak pernah menghubungi lagi, padahal udah dikasih photo dan peta dari goole maps via email. Halah.

Beberapa lama kemudian tetangga ane berniat menjual tanah dan rumah villa yang mereka tempati, dan anaknya minta tolong ane buat mempromosikannya di internet, tak mau mengulang kesalahan ane sebelumnya yaitu publish artikel di blog dengan resiko telat diendus google dan rumah villa ini keburu terjual, ane akhirnya pasang iklan di salah satu situs jual beli terkenal, memang benar hanya dalam waktu beberapa hari telepon mulai krang kring menanyakan iklan ane tersebut dari beberapa yang menelepon ane akhirnya ada peminat serius yang langsung melakukan survey ketempat ane. Wah bukan main senangnya sudah kebayang komisi yang bakalan ane dapet dari penjualan rumah ini, hahahaha udah setinggi langit deh bayangan ane pokoknya. Setelah pertemuan pertama dengan calon pembeli ane lihat si calon pembeli ini cocok dengan rumah villa yang ditawarkan, dan bermaksud untuk melakukan survey lagi bersama keluarganya, serasa udah di dompe aja tuh komisi.

Beberapa waktu kemudian si calon pembeli kembali menghubungi dan akan kembali melakukan survey dengan  keluarganya seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, setelah bertemu dan berdiskusi ternyata ada sedikit hambatan yang membuat keluarganya kurang cocok, alasannya sendiri kurang etis sih kalo ane kasih tau disini, pokoknya hal kecil deh menurut ane mah, melihat situasi seperti ini ane hati ane mulai ciut komisi mulai menjauh, dan benar setelah mereka pulang si calon pembeli menghubungi ane lagi dan memutuskan untuk tidak jadi melakukan pembelian rumah tersebut. Benar-benar melayang nih komisi. Sebenarnya beberapa kali ane menjadi “calo” rumah maupun tanah baik online maupun online namun tidak ada satupun yang eksekusi.

Meski tidak berujung sukses melakukan penjualan rumah dan Tanah yang ane tawarkan, namun banyak sekali pelajaran yang bisa ane petik dari sini, seperti rata-rata keinginan dan hal yang dicari oleh calon pembeli, efektifitas promosi serta hal-hal lain yang cukup berharga yang bisa diterapkan jika kemudian hari ane berminat akan suatu barang property ataupun bermaksud mencoba kembali menjual properti tanah dan rumah.

About Ayahnieda

hanya seorang blogger yang tertarik internet marketing dan bisnis online, bertempat tinggal di Lembang. Orang Sunda Asli. Suami dari seorang Istri, baru punya satu putri dan ingin tambah lagi tapi bukan istri. Hobby membaca dan menulis Blog,. Bekerja paruh waktu namun banyak sampingan, kadang nerima order bikin web, kadang cetak undangan, kadang fotografer, kadang videografer, kadang nyervis hape dan komputer, ikut ngecor dirumah tetangga dan masih banyak lagi. Banyak kegiatan untuk menambah pengalaman.

2 responses to “Pengalaman Menjual Properti Tanah dan Rumah”

  1. rumah pomdok indah says :

    Pengalam yang bagus dan artikel yang sangat luar biasa untuk dibaca. Semoga menjadi masukan untuk saya. Salam Sukses.

  2. rumah dijual pondok indah says :

    Pengalaman yang patut di contoh. Salam Sukses Selalu

Tinggalkan Balasan

