Mencetak Dengan Printer Thermal di Cuaca Dingin

Thermal printer adalah jenis printer yang mencetak menggunakan panas yang dikontrol dengan hati-hati yang dihasilkan oleh print head. Ada dua jenis printer termal. Printer transfer termal dan termal langsung. Printer termal langsung, seperti namanya, mencetak langsung ke media. Media memiliki lapisan kimia yang berubah warna dengan panas kepala cetak.

Printer transfer termal menggunakan pita yang membuat kontak dengan kepala cetak dan media. Untuk membuat gambar, panas dari kepala cetak “Ditransfer” melalui pita yang melelehkan tinta dalam pola yang dihasilkan oleh printer. Pita biasanya terdiri dari lapisan plastik yang dilapisi tinta di salah satu sisinya. Pita transfer termal dapat dilapisi di dalam, atau dilapisi di luar tergantung pada merek dan model printer yang digunakan pita.

Tinta biasanya terbuat dari lilin dan/atau resin. Pita lilin bagus untuk dicetak pada media kertas alami. Pita campuran resin biasanya disediakan untuk pencetakan pada media sintetis yang sangat halus. Semakin tinggi kandungan resin, semakin tahan noda pada media cetak. Karena kedua printer ini mengandalkan suhu yang tepat untuk membuat gambar, kedua teknologi cetak dipengaruhi oleh kondisi yang sangat dingin.

Printer thermal langsung memiliki keunggulan dalam hal pencetakan dalam kondisi dingin. Karena kepala cetak bersentuhan langsung dengan media, ia dapat mentolerir suhu yang sedikit lebih dingin daripada yang dapat dilakukan oleh printer transfer termal. 

Printer termal langsung dapat bekerja pada suhu di bawah 4 derajat celcius. Sebaliknya, printer transfer termal mungkin memiliki masalah kualitas cetak di bawah kisaran suhu pertengahan 4 derajat celcius. Sebagian besar printer termal akan memberikan peringatan suhu kepala rendah. 

Jika suhu tidak di bawah tingkat beku, printer akan memanas saat mulai mencetak. Jika suhu di bawah titik beku, pemanas ruangan atau lampu penghangat portabel dapat ditempatkan menghadap ke arah printer termal. Anda tidak ingin meletakkan pemanas terlalu dekat dengan printer atau menyalakan panas terlalu tinggi karena bagian logam dapat memusatkan panas dan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. 

Jarak 4 sampai 6 kaki sudah cukup. Selain itu, suhu target di 50-60 derajat Fahrenheit akan baik untuk hari-hari cuaca dingin. Cukup hangat lebih baik daripada terlalu hangat. Jika printer digunakan di lingkungan berpendingin, kotak dapat diperoleh atau dibuat untuk menjaga lingkungan printer terpisah dari lingkungan berpendingin luar.

Jika kualitas cetak printer termal penting dalam kondisi dingin, pastikan untuk menyimpannya dalam kisaran suhu pengoperasian normal. Jaga dan rawat semua printer anda dan simak berita terbaru tentang Printer di Warta Kita

Dikirimkan di Umum

Tinggalkan komentar